Jumat, 20 Juli 2012

Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar merupakan komoditas perikanan air tawar yang saat ini banyak menghasilkan devisa. Nilai ekspornya sangat tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Setiap bulannya ada sekitar puluhan juta ekor ikan hias air tawar di ekspor ke mancanegara.

Saat ini ada ratusan jenis ikan hias air tawar dari berbagai pelosok dunia keluar masuk indonesia dan hampir 90% nya merupakan ikan tropis. Ikan-ikan tersebut merupakan ikan lokal maupun introduksi. Indonesia memang sangat beruntung karena memiliki iklim tropis sehingga ada banyak jenis ikan hias yang dapat di budidayakan.

JUmlah spesies atau jenis ikan hias air tawar yang beredar saat ini di pasaran dunia memang sangat banyak. Sekitar 240 jenisnya diproduksi di Indonesia, baik ikan hias tangkapan alam maupun budidaya. Peluang pasar terutama ekspor ke berbagai negara seperti Asia, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Australia masih terbuka. Ini disebabkan karena eksportir Indonesia baru bisa mengisi 20% permintaan pasar ikan hias dunia. Dengan sekitar 60 eksportir saat ini, masihterbuka peluang bagi lebih dari 30 eksportir untuk dapat mengisi kekurangan pasokan ikan hias dunia.

Iklim Indonesia yang tropis sangat cocok untuk budidaya berbagai jenis ikan hias dan memungkinkan dapat berproduksi sepanjang tahun. Sumber daya alamnya pun mendukung, yaitu lahan masih luas, sumber air melimpah, dan pakan alami masih cukup banyak. Pembudidayaan tentunya tidak terlalu sulit karena ddukung oleh iklim Indonesia yang sesuai. Agar dapat lebih berhasil dalam membudidayakan ikan hias, diperlukan pengetahuan tentang tingkah laku ikan, pakan, serta beberapa faktor lain.

Faktor utama dalam pembudidayaan ikan hias air tawar adalah penijahannya. Agar pembudidayaan berhasil baik maka harus disiapkan dan diketahui dengan baik tentang sarana dan syarat pemijahannya. Ada sepuluh hal pokok yang perlu diketahui dan disiapkan dalam pemijahan, yaitu sebgai berikut:
  1. Induk Harus Sehat, kondisi baik, terpilih da umur sesuai
  2. Induk harus dalam pasangan yang cocok (rasio sex)
  3. Tempat harus cukup baik dan bersih
  4. Kondisi airnya harus esuai dengan kebutuhan dan jenis ikannya
  5. Sinar matahari harus cukup, jangan terlalu terik
  6. Oksigen harus cukup, jika perlu ditambah aerasi
  7. Sarang untuk peneluran harus tersedia seperti tanaman air, paralon dan batu
  8. Suhunya cocok
  9. Pakannya cukup
  10. Lokasi sebaiknya sepi dari lalulintas orang.
Dari kesepuluh hal pokok tersebut, beberapa diantarannya (terutama lingkungan untuk memijah) sangat tergnatung pada jenis ikan. Oleh karena itu, pengetahuan tentang jenis ikan sangat diperlukan agar pembudidayaannya berhasil dengan baik.

Melihat prospeknya tersebut maka pemeliharaan ikan hias yang semula hanya ditekuni hobiis, kini juga sudah merupakan mata pencaharian banyak petani ikan. Ini disebabkan pembudidayaan ikan hias ini dapat memberikan nilai ekonomis walaupun hanya dilakukan dilahan sempit dengan jumlah air terbatas.