Rabu, 25 Juli 2012

Kondisi benih penentu keberhasilan budi daya ikan hias

Larva yang proses metamorfosisnya sudah berakhir disebut benih. Bentuk badan dari benih mirip ikan. Untuk memelihara benih sebenarnya tidak sukar asalkan kualitas air tetap dijaga. makin besar benih maka makin tinggi  ketinggian airnya. Bila ada yang mati, benih tersebut harus secepatnya dibuang.

Kepadatan benih berpengaruh pada pertumbuhannya. Makin padat benih dalam suatu wadah, makin lambat pertumbuhannya. Usahakan benih yang dipelihara berukuran sama. Untuk itu, setiap kali dilakukan sortasi, yaitu ikan yang berukuran besar di pisahkan dengan ikan yang berukuran kecil, yang berkualitas baik dipisahkan dari yang jelek. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar ikan tidak saling berebutan pakan dan menghindari kanibalisme. benih yang sudah diseleksi dan akan dipindahkan ditampung dalam wadah terpisah. wadah tersebut sebaiknya sudah dilengkapi dengan aerasi agar benih tetap segar.

Pakan benih dapat berupa cacing, kutu air besar, atau pelet. pelet diberikan secara hati-hati agar vtidak cepat mengotori air. Jumlahnya pun sebaiknya secukupnya.